Temu Keluarga Hubungan Internasional Online

Forum Alumni dan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Indonesia
 
Homeportaltkhi*GalleryFAQMemberlistRegisterLog in

Share | 
 

 Donat udah lama ga basi-basi !??

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : 1, 2  Next
AuthorMessage
fahmi
Admin
Admin
avatar

Number of posts : 268
Age : 31
Location : depok
Registration date : 2008-08-25

PostSubject: Donat udah lama ga basi-basi !??   Tue Aug 26, 2008 6:33 pm

gw ga taw ini hoax apa enggak, dapet dari milis. but here it goes:

Sebenarnya percobaan donat saya asal mulanya tidak sengaja. Suatu saat
istri saya membelikan donat Dunkin buat anak saya yang TK. Ditaruh di meja
makan, masih dalam kantong kertas Dunkin, terus lupa dimakan.
Kira-kira seminggu kemudian baru donat ini 'ditemukan' lagi.
Yang mengejutkan adalah donatnya masih utuh, tidak berjamur, glaze/gulanya juga masih cantik, hanya rotinya sedikit lebih keras meski masih bisa digigit/dikunyah.

Sejak itu tiap kali ada donat gratisan atau dekat-dekat toko donat saya menyisakan 1/membeli 1 untuk percobaan.

Metoda percobaannya juga sederhana, tidak ilmiah benar:
- donat diambil dari kemasan asli,
saya masukkan ke kantong plastik bekas label Tom & Jerry
- kantong dilipat tidak
distaple (udara masih bocor, memberi kesempatan busuk)
- kemudian saya beri label tanggal
perolehan donat
- saya biarkan di kabinet kerja saya
di ruang terbuka, tidak disimpan khusus di kulkas
- ruangan kantor pada jam kerja
berpendingin, lewat jam kerja, sabtu & minggu tanpa pendingin
ruangan
- sesekali ditengok dan
dipotret.

Terlampir foto donat, keadaan
terakhir.

Berikut beberapa hal mengejutkan yang
saya peroleh, urut berdasarkan awetnya.
1. Donat JCo, dibeli 26 Nov 2007
sampai sekarang masih empuk dan tidak berjamur.
Glaze (taburan
gula) di atasnya sudah lumer lama tapi penampilan masih tetap oke.
Kalau saja saya
tega memberikan donat ini pada anak jalanan, pasti kemakan, wong bentuk dan
tekstur masih donat koq.

2. Donat Dunkin, dibeli 26 Nov 2007
sampai sekarang tidak berjamur dan hanya berubah agak keras.
Glaze (gula) warna
merah jambunya sudah menempel di plastik, tapi rotinya masih empuk
membal.
Yang berpengalaman
makan donat tahu bahwa ini donat sudah beberapa hari, tapi siapa sangka sudah 9
bulan.

3. Donat Country Style saya peroleh
19 Nov 2007 sampai sekarang tidak berjamur, berubah keras sekali.
Glazenya masih
tetap cantik tapi karena keras, tidak bisa digigit.

4. Donat Q-Biq perolehan 13 Jun 2008,
rusak glazenya dan muncul jamur pada rotinya dalam jangka kurang dari 1
minggu
Meskipun masih
berbentuk segi 4 (sesuai identitas q-biq) tapi dari penampilan yang rusak dan
berjamur, sudah tidak layak makan.
Yang mengherankan,
meski berjamur, donat ini tidak habis dimakan jamurnya (lihat no. 6 di
bawah).

5. Donat iCrave, perolehan 22 Jan
2008, rusak glaze dan rotinya berjamur dalam 2 (atau 3 hari).
Selain berjamur,
juga timbul bau yang tidak sedap bukti proses pembusukan.
Beda dengan Q-Biq
yang berjamur tapi rotinya masih relatif berbentuk kotak, roti donat
iCrave juga
mulai hancur meski tidak semuanya hancur.

6. Donat kentang Fresco, beli 24 Feb
2008, hancur lebur dalam 2 hari.
Dalam 1 minggu
massa yang tersisa dari donat ini sangat sedikit, plastiknya
melepes.
Ini
donat yang dijual di ITC BSD di kedai kecil-kecil seputar food court.
Harganyapun paling murah, kalau tidak salah rp 3000 / buah dan
pilihannya cuma 1
macam itu.

Yang belum saya coba karena
beberapa alasan (belum ada yang memberi / tempatnya jauh / belum nemu
tokonya) diantaranya donat Krispy Kreme, donat Jesslyn Cake, American Donut dll
dari toko roti lain.

Catatan: saya tidak kenal dengan
satupun dengan pemilik/pegawai diantara merk donat yang saya sebutkan di atas,
juga saya tidak punya masalah/dendam dengan salah satu pemilik merk
diatas. Jadi
percobaan ini murni didasari keingintahuan dipicu dari donat Dunkin yang awet
seminggu. Kenyataannya ternyata Dunkin ada temannya, malah ada yang lebih
hebat.

Setiap kali ada penambahan donat,
saya buat fotonya + koran Kompas edisi hari itu, supaya ada bukti. Foto yang
saya lampirkan ini adalah foto terbaru. Sampai saat ini sampel donat ini belum
saya buang.

Ada salah seorang teman
dari salah satu kontraktor di kantor yang mengikuti percobaan saya dari awal,
dan tertarik juga melihat kenyataan donat awet ini. Dia memuatnya di
http://veganlion13.blogspot.com/2008/08/dognuts.html

Gerai donat iCrave di Pacific Place tempat saya membeli
sampel ini sudah berbulan-bulan tutup. Saya tidak tahu apakah donat merk Fresco
masih ada di ITC. Tapi adalah menyedihkan bahwa donat yang termasuk bagus
(berjamur dengan cepat) ternyata tokonya juga cepat gulung
tikar.

Adakah yang bisa menerangkan kenapa JCo bisa awet empuk begitu?
Pelajaran apa yang bisa ditarik?

Marsel.
Back to top Go down
View user profile http://ultrapluralist.wordpress.com
deky.hutomo
Vassal
Vassal
avatar

Number of posts : 249
Age : 29
Location : Fat is beautiful
Registration date : 2008-08-26

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Tue Aug 26, 2008 9:03 pm

Mmmm donuts.

Tunggu dulu, jadi yang bagus itu yang cepet busuk ato gak? Trus yang gulung tikar itu ada hubungannya gak ama percobaan ini?
Back to top Go down
View user profile
fahmi
Admin
Admin
avatar

Number of posts : 268
Age : 31
Location : depok
Registration date : 2008-08-25

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Tue Aug 26, 2008 9:32 pm

menurut logika gw sih, yang bagus ya yang cepet busuk, coz ga pake banyak bahan pengawet ya kan? ato logika gw salah O.O

yang gulung tikar ga ngerti gw, ga penting sepertinya
Back to top Go down
View user profile http://ultrapluralist.wordpress.com
rilis
Vagabond
Vagabond
avatar

Number of posts : 13
Age : 30
Location : di depan laptop dan sambungan internet gratis
Registration date : 2008-08-25

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Tue Aug 26, 2008 10:49 pm

gw cuma bisa bilang..
"ini org niat abis ya...sayang donat disia2 cuma buat liat kpn dijamurin..mending buat gw"
hehe Very Happy
Back to top Go down
View user profile
dheelicious
Special Ambassador
Special Ambassador
avatar

Number of posts : 19
Age : 31
Location : Jakarta
Registration date : 2008-08-25

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Wed Aug 27, 2008 12:33 am

rilis wrote:
gw cuma bisa bilang..
"ini org niat abis ya...sayang donat disia2 cuma buat liat kpn dijamurin..mending buat gw"
hehe Very Happy

emang si gendutttttttttttttt donut seminggu juga diembat....
eh yang penting mah ga kita ga tau yakkk... lol!

_________________

cm'here pwetty wittle princess...come to beawww....bon bon? me love you looonggg time...
Back to top Go down
View user profile
dheelicious
Special Ambassador
Special Ambassador
avatar

Number of posts : 19
Age : 31
Location : Jakarta
Registration date : 2008-08-25

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Wed Aug 27, 2008 12:36 am

pas emang pilihan gw....donut fresco!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
paling mantap di depan hypermart detos Very Happy
cuman 1500 ajyaaahh...yukk mare rame2 makan fresco... What a Face

_________________

cm'here pwetty wittle princess...come to beawww....bon bon? me love you looonggg time...
Back to top Go down
View user profile
bigbang
Vassal
Vassal
avatar

Number of posts : 144
Age : 30
Location : ..dimanapun ada internet..
Registration date : 2008-08-27

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Wed Aug 27, 2008 9:10 am

sekalinya dimakan, langsung modar itu orang! kurang kerjaan bener sih..hoho
Back to top Go down
View user profile
tsugaeda
Special Ambassador
Special Ambassador
avatar

Number of posts : 57
Age : 30
Registration date : 2008-08-26

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Wed Aug 27, 2008 1:14 pm

dheelicious wrote:
pas emang pilihan gw....donut fresco!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
paling mantap di depan hypermart detos Very Happy
cuman 1500 ajyaaahh...yukk mare rame2 makan fresco... What a Face

baru tau gw.. cyclops

Langsung menuju TKP
Back to top Go down
View user profile http://t5ugaeda.wordpress.com
rio_chuy
Vagabond
Vagabond
avatar

Number of posts : 19
Age : 29
Location : J.A.K.A.R.T.A
Registration date : 2008-08-27

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Wed Aug 27, 2008 4:20 pm

fresco bukannya donut kentang ya? emang bisa dibandingin sama donut biasa???

yah yang paling enak itu donut GRATIS....mw Jco, Fresco, iCrave, Jeselyn Cakes..apapun itu..asal gratis pasti enak..hahahaha...
Back to top Go down
View user profile
e-nigma04
Vassal
Vassal
avatar

Number of posts : 116
Age : 30
Location : in front of you
Registration date : 2008-08-26

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Wed Aug 27, 2008 6:03 pm

tsugaeda wrote:
dheelicious wrote:
pas emang pilihan gw....donut fresco!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
paling mantap di depan hypermart detos Very Happy
cuman 1500 ajyaaahh...yukk mare rame2 makan fresco... What a Face

baru tau gw.. cyclops

Langsung menuju TKP

kalo mau ke tkp:
Back to top Go down
View user profile
fahmi
Admin
Admin
avatar

Number of posts : 268
Age : 31
Location : depok
Registration date : 2008-08-25

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Wed Aug 27, 2008 6:05 pm

anjrit vocalis garnet band!!!! gubraaaaaaaaaaakkkkkkkkkk

@ rio donat basi kalo gratis juga ogah gw lah
Back to top Go down
View user profile http://ultrapluralist.wordpress.com
deky.hutomo
Vassal
Vassal
avatar

Number of posts : 249
Age : 29
Location : Fat is beautiful
Registration date : 2008-08-26

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Thu Aug 28, 2008 3:56 pm

Kenapa si Eros jadi begini, it's a mistery.

Makanya belinya minta tambah pengawet, biar yg dikasih gratisan gak tau itu basi.
Back to top Go down
View user profile
wahyudwianggoro
Vassal
Vassal
avatar

Number of posts : 141
Age : 28
Location : di AICNet..
Registration date : 2008-09-03

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Thu Sep 04, 2008 9:46 am

tan ek tjoan tahan berapa lama ya ?
Back to top Go down
View user profile
e-nigma04
Vassal
Vassal
avatar

Number of posts : 116
Age : 30
Location : in front of you
Registration date : 2008-08-26

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Thu Sep 04, 2008 11:44 am

geblek... emang Tan Ek Tjoan bikin donat ye???
Back to top Go down
View user profile
fahmi
Admin
Admin
avatar

Number of posts : 268
Age : 31
Location : depok
Registration date : 2008-08-25

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Thu Sep 04, 2008 5:46 pm

sory noob, tan ek tjoan itu sapa ya? ada hubungannya ama garnet band ga?
Back to top Go down
View user profile http://ultrapluralist.wordpress.com
wahyudwianggoro
Vassal
Vassal
avatar

Number of posts : 141
Age : 28
Location : di AICNet..
Registration date : 2008-09-03

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Thu Sep 04, 2008 6:42 pm

ada kok donatnya tan ek tjoan kan jual macam2..
Back to top Go down
View user profile
e-nigma04
Vassal
Vassal
avatar

Number of posts : 116
Age : 30
Location : in front of you
Registration date : 2008-08-26

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Thu Sep 04, 2008 10:39 pm

gak ada lah... itu bisa-bisanya dia aja tau-tau nanya Tan Ek Tjoan...
mending juga nanya Tan Yu hok... Razz
Back to top Go down
View user profile
wahyudwianggoro
Vassal
Vassal
avatar

Number of posts : 141
Age : 28
Location : di AICNet..
Registration date : 2008-09-03

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Fri Sep 05, 2008 12:05 am

tan yu hok tu siapa yah..jual roti juga?..
Back to top Go down
View user profile
e-nigma04
Vassal
Vassal
avatar

Number of posts : 116
Age : 30
Location : in front of you
Registration date : 2008-08-26

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Fri Sep 05, 2008 5:40 am

pemaen tepok bulu... Very Happy
Back to top Go down
View user profile
deky.hutomo
Vassal
Vassal
avatar

Number of posts : 249
Age : 29
Location : Fat is beautiful
Registration date : 2008-08-26

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Fri Sep 05, 2008 7:15 pm

Ini masih ngomongin donat ato peranakan Cina? Ato donat Cina? Gimana dengan Tan Mie Kuah?
Back to top Go down
View user profile
rio_chuy
Vagabond
Vagabond
avatar

Number of posts : 19
Age : 29
Location : J.A.K.A.R.T.A
Registration date : 2008-08-27

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Fri Sep 05, 2008 9:54 pm

guoblok...sekalian aja Lauw....hahaha....anak kosan makannya Tan Ek Tjoan mulu ya....
Back to top Go down
View user profile
raditz7
Admin
Admin
avatar

Number of posts : 255
Age : 30
Location : di hati Sandra Dewi
Registration date : 2008-09-06

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Sat Sep 06, 2008 2:02 am

Tan Ek Tjoan siapanya Tan Malaka? Rolling Eyes
Back to top Go down
View user profile
wahyudwianggoro
Vassal
Vassal
avatar

Number of posts : 141
Age : 28
Location : di AICNet..
Registration date : 2008-09-03

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Sun Sep 07, 2008 10:29 pm

tan ek tjoan sama tan malaka masih sodara tantowi yahya.. Wink
Back to top Go down
View user profile
fahmi
Admin
Admin
avatar

Number of posts : 268
Age : 31
Location : depok
Registration date : 2008-08-25

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Mon Sep 08, 2008 11:32 am

kalo sama tantie 2005 ada hubungannya ga? Laughing
Back to top Go down
View user profile http://ultrapluralist.wordpress.com
raditz7
Admin
Admin
avatar

Number of posts : 255
Age : 30
Location : di hati Sandra Dewi
Registration date : 2008-09-06

PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   Mon Sep 08, 2008 10:22 pm

lah bro admin ikutan OOT Laughing
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Donat udah lama ga basi-basi !??   

Back to top Go down
 
Donat udah lama ga basi-basi !??
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 2Go to page : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» What Bases to use for my Mordheim figures?
» Lama Horst?

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Temu Keluarga Hubungan Internasional Online :: Topik Umum :: Kesehatan-
Jump to: